Friday, August 30, 2013

Cara Benar Merebus Pasta

gambar : hdwallpaperplus.com
SELAMA ini, Anda mungkin pernah mendapati bahwa saat memasak pasta, sausnya kurang melekat dengan sempurna atau tekstur dan rasanya tidak lezat. Mungkin teknik merebus dan meniriskan pasta Anda masih salah. 
Kebanyakan orang memasak pasta di rumah menggunakan panci kecil yang membuat air rebusan mengental seperti bergetah. Ini bisa terjadi karena pasta terbuat dari zat pati. Air rebusan ini mempengaruhi tekstur dan rasa pasta. 
Untuk memasak pasta, sebaiknya bumbui air rebusan dengan garam. Gunakan banyak air guna mencegah air rebusan bergetah akibat kandungan pati atau tepung pada pasta. 
Ketika meniriskan pasta yang telah matang, sebaiknya tidak menyiramnya kembali dengan air dingin kecuali jika ingin membuat salad. Pasalnya, pasta yang tidak dibilas akan mempertahankan pati dan membuat saus melekat lebih baik.

SAAT masak pasta, sebagian kita akan menambahkan minyak agar tidak lengket. Nyatanya, cara seperti ini keliru. 
Untuk memasak pasta, terlebih dahulu didihkan air lalu tambahkan garam secukupnya. Masukkan pasta dan masak hingga matang. Pastikan komposisi air dan pasta pas, jangan memaksakan pasta masuk bila airnya sedikit atau pasta Anda akan matang tidak merata. Rebus pasta sampai al dente atau masih lembut. 

Perlukah menambahkan minyak ke dalam rebusan pasta? 
Jangan tambahkan minyak ke dalam air rebusan pasta. Dengan ini, pasta akan terlapisi dengan lemak dan mengurangi kekuatan pasta dalam menyerap sausnya nanti, seperti dilansir Reluctantgourmet. Minyak akan mencegah saus menempel pada pasta sehingga yang terjadi adalah pasta menumpuk dan semua saus yang dipakai berada di dasar mangkuk. 

Agar pasta tidak menempel saat direbus, gunakan air dalam komposisi lebih besar dibandingkan pastanya. Mungkin Anda akan butuh waktu lebih banyak untuk merebus pasta dengan panci besar, tapi ini menjadikan rasa pasta lebih enak. Pasta juga tidak akan lengket. 

Kapan tahu pasta matang? 
Pasta yang biasa Anda gunakan tentunya memiliki petunjuk penggunaannya pada kemasannya, tapi biasanya kurang akurat. Biasanya, waktu memasak pasta adalah 10 sampai 12 menit, padahal hanya perlu 8 menit. Gunakan petunjuk memasak seperti pada kemasan, tapi jangan lupa untuk tetap memeriksa kematangan pasta.  Untuk memeriksanya, tarik cukup satu helai pasta, biarkan dingin, lalu cicipi. Ketika sudah sesuai dengan selera, ada baiknya pasta segera ditiriskan. 

Penyelesaian akhir 
Pindahkan pasta yang telah diangkat pada wajan bersih. Tambahkan dengan saus sesuai kebutuhan lalu masak dan aduk sampai keduanya tercampur baik. Beri sedikit krim kental atau satu sendok makan minyak zaitun. Dengan cara ini, lemak dan pati air akan masuk ke dalam saus, pasta akan menciptakan emulsi lemak dalam air yang akan memberikan rasa yang enak. 

Jangan bilas 
Bila ingin membuat pasta dingin, maka jangan dibilas. Biar pasta tidak saling menempel, sajikan saat masih panas dan aduk dengan memakai saus.







No comments:

Post a Comment