Friday, August 30, 2013

Resep Aneka Macam Bubur

Bubur merupakan salah satu jenis makanan yang bisa dijadikan alternatif  menu sarapan yang cukup mengenyangkan.  Anda boleh mencoba beberapa resep bubur yang sudah tak asing lagi, yaitu antra lain


Bubur Manado
Terkenal dan disukai, karena kekhasan rasanya , sehat untuk anak-anak dan ada campuran sayuran hijau. Untuk membuatnya diperlukan bahan: 100 gram beras, 750 ml air, 1 lembar daun pandan, 2 bat ang serai (memarkan), 1 sendok teh garam, 150 gram jagung manis pipilan, 250 gram labu kuning (potong dadu), 1 ikat bayam, 2 ikat kangkung, 2 ikat daun kemangi. Cara membuatnya: buat bubur terlebih dahulu, masak beras bersama air, daun pandan, batang serai dan garam, aduk terus hingga beras menjadi lunak. Masukkan jagung manis dan labu kuning, masak hingga lunak. Baru kemudian tambahkan bayam, kangkung, masak sebentar baru masukkan kemangi, aduk rata dan angkat. Sajikan bubur sayuran dengan sambal tomat dan ikan jambal asin. 

Bubur Mutiara
Rasanya manis, gurih dan ditambah warnanya yang menarik sehingga terlihat cantik karena .  Bahan yang diperlukan untuk membuatnya, 150 gram pacar cina (sagu biji), 750 cc air, 150 gram gula pasir, vanili secukupnya, dua lembar daun pandan dan siapkan juga sari kelapa secukupnya untuk pelengkap. Cara mengolahnya, didihkan air, masukkan sagu mutiara, masak hingga air kembali mendidih, kecilkan api. Masak sambil sesekali diaduk sampai matang (jika bijinya mengecil, tanda sudah matang). Beri gula pasir, aduk-aduk sampai gula larut. Beri vanili, aduk kembali dan angkat. Sajikan dalam wadah yang sudah diberi sari kelapa, lalu siram dengan santan yang sebelumnya sudah dimasak dengan daun pandan dan diberi sedikit garam. 

Bubur Sumsum
Meskipun terlihat sederhana bubur ini terlihat sederhana, tapi jangan salah bubur ini memiliki rasa yang membuat kita ketagihan. Bubur sumsum merupakan makanan. Bubur ini cukup dikenal diberbagai kalangan terutama anak-anak. Cara membuatnya pun cukup mudah :
Bahan yang dibutuhkan adalah 100 gram tepung beras kualitas baik, ½ sendok teh garam, 650 ml santan, 2 lembar daun pandan (ikat simpul). Bahan saus, 200 gram gula merah, 50 gram gula pasir, 250 ml air, 1 lembar daun pandan (ikat simpul). Cara membuatnya, campur tepung beras dengan sebagian santan dan garam, aduk rata. Masak sisa santan dan daun pandan hingga mendidih. Tuangkan larutan tepung beras, aduk hingga kental dan mendidih. Kemudian, angkat. Untuk membuat sausnya, masak semua bahan hingga gula larut dan mendidih, saring dan tempatkan pada wadah. Siapkan bubur putih dalam mangkuk dan siram dengan saus gula merah. Bubur sumsum enak disantap dalam keadaan hangat dan dingin. 

Bubur Candil
Biasanya banyak disajikan di bulan Ramadhan sebagai menu buka puasa bubur candil atau lebih dikenal dengan bubur biji salak terkenal enak, cara membuatnya adalah : 
Siapkan bahan-bahan berikut: ½ kg tepung kanji/ tapioka, 1 kg ubi jalar, ¼ kg gula merah, air secukupnya, 2 lembar daun pandan. Untuk sausnya siapkan 650 ml santan dan garam secukupnya. Cara membuatnya, kupas dan cuci bersih ubi jalar, lalu rebus dan haluskan. Uleni dengan tepung kanji, sampai menjadi adonan kalis, baru dibentuk bulat-bulat kecil. Lakukan sampai adonan habis, sisihkan. Rebus air, masukan candil (adonan ubi yang sudah  dibulatkan), tambahkan gula merah, lalu masak sampai warna candil berubah mengkilat dan biarkan mendidih sampai matang. Untuk kuahnya, rebus santan dengan air secukupnya dan beri sedikit garam. Masak hingga matang. Sajikan bubur candil dengan kuah santan saat akan disantap. 

Bubur Kacang Hijau
Selain untuk menu sarapan, bubur ini sangat baik dikonsumsi tidak hanya baik untuk anak-anak, tapi untuk wanita hamil, dan manula pun karena kandungan yang terdapat pada kacang hijau . Bahan yang diperlukan untuk membuat bubur ini adalah, 200 gram kacang hijau, 500 ml santan encer, 250 ml santan kental, 150 gr gula pasir, 3 cm jahe (memarkan), 2 batang serai (memarkan), 2 lapis roti tawar (potong dadu), susu kental manis secukupnya. Cara membuatnya, masak kacang hijau bersama santan encer, gula pasir, jahe dan serai. Masak hingga kacang hijau lunak.  Masukkan santan kental, lalu masak kembali sampai mendidih, angkat. Penyajian, siapkan mangkuk, taruh potongan roti tawar, tuangkan bubur kacang hijau dan tambahkan susu kental manis diatasnya. Sajikan hangat.




sumber gambar :
food.detik.com

No comments:

Post a Comment