Friday, August 30, 2013

Bermacam Cara Penyajian Kopi


Menikmati kopi bisa dengan berbagai cara, mulai dari diseduh, diuap, dipres menggunakan alat bertekanan tinggi, atau juga disajikan dengan bermacam tambahan seperti susu, cokelat, teh dan krim. Masing-masing jenis kopi memiliki proses penyajian dan pengolahan yang unik.

gambar : gotgelato.com
  1. Kopi hitam, merupakan ekstraksi biji kopi yang diseduh dengan air mendidih. Rasanya pahit karena tidak ada penambahan perasa apapun. Warnanya hitam pekat. 
  2. Espresso, adalah kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas yang bertekanan tinggi. 
  3. Latte, atau biasa dikenal dengan coffee latte, merupakan jenis kopi espresso yang disajikan dengan menambahkan susu dengan perbandingan kopi 3:1. 
  4. Cappuccino, adalah kopi dengan penambahan susu, krim dan juga serpihan cokelat, sedangkan dry cappuccino merupakan kopi cappuccino dengan sedikit krim tanpa susu. 
  5. Kopi instan, berasal dari biji kopi yang dikeringkan, lalu digranulasi dan d i kemas . Cara penyajiannya hampir sama seperti kopi hitam, cukup dijerang dengan air panas. 
  6. Kopi tubruk, merupakan kopi yang diseduh bersamaan dengan gula dan air mendidih. 
  7. Kopi moka, serupa dengan cappuccino dan latte, hanya saja pembuatannya diberi tambahan sirup. Beda lagi dengan kopi asal Thailand, kopi oleng, yaitu kopi yang dimasak dengan tambahan jagung dan kacang kedelai.


sumber :
KabariNews.com #69

No comments:

Post a Comment